4

STRATEGI MENJAWAB PERTANYAAN UMUM SAAT WAWANCARA KERJA


Wawancara kerja selalu menjadi bagian yang menakutkan yang harus dihadapi para pelamar kerja. Indeks Prestasi semasa kuliah tak ada kaitannya dengan jawaban-jawaban yang diberikan saat wawancara. Keadaan ini mengharuskan kita berhadapan langsung dengan calon atasan. Orang yang pintar sekalipun mungkin saja terpeleset lidah dan mengucapkan sesuatu yang membuat citranya buruk di depan pewawancara. Itulah mengapa perlu dibutuhkan persiapan ekstra menghadapi wawancara, setidaknya kita tidak akan mendapat kejutan, bahkan mungkin merasa nyaman saat menjalani wawancara kerja.

Marci Alboher dari Working the New Economy mengumpulkan 6 pertanyaan yang paling umum diajukan dan bagaimana menjawabnya secara tepat. Tentu saja tidak ada jawaban yang benar maupun salah, tetapi bagaimana cara berpikir untuk menjawab pertanyaan itulah yang membawa kita ke proses selanjutnya. Cobalah amati jawaban-jawaban yang disarankan beberapa career coach andal yang membuat kita mempunyai ide bagus untuk jawabannya.


“APA KELEMAHAN ANDA?”

Kunci menjawabnya, tidak lain dengan sesuatu yang jujur tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap pekerjaan ( menurut pendapat Miriam Salpeter sorang career coach ). Sebenarnya yang lebih penting dari pertanyaan ini adalah bagaimana kita mengatasi kelemahan itu. Miriam memberikan contoh bagaimana seorang programmer komputer sebaiknya menjawab, “Bicara di depan banyak orang membuat saya takut, tetapi saya berusaha menjadi pembicara yang lebih baik. Saya ikut kursus public speaking, berlatih bicara di depan cermin, membayangkan ada kerumunan orang di hadapan saya.” Ini contoh yang baik, bicara di depan publik bukan sesuatu yang penting bagi pekerjaan programmer. Miriam mengingatkan untuk tidak mengatakan satu hal, yakni Anda perfeksionis. Biasanya tidak ada seorang pun yang ingin bekerja sama dengan orang yang perfeksionis.


“COBA CERITAKAN PADA SAYA MENGENAI DIRI ANDA”

Sering juga dinyatakan dengan kalimat lain, seperti “Mengapa Anda pikir Anda orang yang paling tepat untuk pekerjaan ini?” atau “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?” atau “Apa yang membedakan Anda dari kandidat lain?”. Pertanyaan ini bukanlah undangan bagi kita untuk menuturkan biografi tetapi lebih sebagai kesempatan untuk mengambil beberapa poin penting dari cerita kita yang bisa dimanfaatkan untuk menyesuaikannya dengan posisi yang diincar. Jika kita lahir dan dibesarkan di Jakarta misalnya, menjadi topik bagus jika kita mengincar posisi pemasaran di perusahaan pariwisata. Tetapi ini tidak penting jika kita mengincar jabatan di perusahaan internasional. Kecuali jika kita fasih berbicara dalam 3 bahasa asing dan pernah bekerja di luar negeri.


“ANDA PERNAH GAGAL? BAGAIMANA MENGATASINYA?”

Manusiawi jika kita melakukan kesalahan. Yang terpenting, bagaimana kita memilih cerita yang bisa menunjukkan apa yang kita pelajari dari pengalaman itu. Career coach Chandlee Bryan memberi contoh klasik yang bisa dijadikan pedoman, ketika kita diberi banyak tanggung jawab atau setuju melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak sempat dilakukan karena keterbatasan waktu. Cara mengatasinya sederhana saja. Bahwa setelah kesalahan yang satu itu kita sudah tahu komitmen seperti apa yang bisa diberikan dalam jangka waktu tertentu.


“PERUBAHAN APA YANG ANDA BAWA KE DALAM PERUSAHAAN KAMI JIKA ANDA MASUK TIM KAMI?”

Penulis buku Get the Job You Want Even When No One is Hiring. Ford R Mayers mengingatkan untuk berhati-hati menjawab pertanyaan ini. Tidak peduli betapa nyamannya perasaan kita dalam situasi ini. Kita tetap saja outsider, orang luar, dan belum tahu cerita di dalam perusahaan tersebut. Jika saran kita bagus pun, kita bisa saja membuat mereka kelihatan seperti idiot, jika mereka memandangnya secara berbeda. Dan jika kita mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan budaya perusahaan, kita sendiri yang terlihat seperti idiot. Jadi bagaimana menjawab pertanyaan seperti ini, Ford berkata lebih baik mengatakan, “Saya tak bisa menjadi dokter yang baik jika saya memberikan diagnosis sebelum memeriksa pasien. Jika saya dipekerjakan, saya akan mengamati apa yang terjadi dan berbicara dengan banyak orang. Dan setelah memeriksa situasinya secara menyeluruh, saya akan mendatangi Anda dengan masukan-masukan berharga. Mudah-mudahan kita dapat berkolaborasi dan menemukan solusi yang paling tepat.”


“MENGAPA ANDA KEMBALI KE BIDANG ATAU PERUSAHAAN YANG TELAH ANDA TINGGALKAN?”

Chandlee mengingatkan kunci menjawab pertanyaan ini dengan menampilkan waktu kita berada di luar bidang sebagai pengalaman belajar dan fokus pada apa yang kita tahu saat ini. Kita juga dapat menambahkan saat-saat berada di luar bidang membantu kita memahami, kita tampaknya lebih cocok bekerja di perusahaan besar ketimbang perusahaan kecil, misalnya atau mengenai perbedaan budaya dan berikan alasan mengapa perusahaan ini lebih cocok bagi kita.


“BERAPA GAJI YANG ANDA INGINKAN JIKA BEKERJA DI PERUSAHAAN KAMI?”

Untuk menjawab pertanyaan ini janganlah kita menjawabnya dengan kata “terserah perusahaan” karena akan menimbulkan image bahwa kita tidak percaya akan kemampuan kita di perusahaan. Sebaiknya kita menjawabnya dengan apa adanya sesuai dengan kemampuan kita.sehingga menimbulkan kesan bahwa kita mempunyai sesuatu yang lebih dibandingkan pelamar kerja yang lain.



*** Semoga Sukses ***

4 komentar:

ANTARA217 mengatakan...

salam kenal. saya mau tanya tentang wawancara top management. jika ditanya "komitmen kita bekerja di perusahaan tersebut?" dan "motivasi apa untuk mencapainya?" mohon bantuannya...

担当 カー アメリア mengatakan...

Menurut saya, sebelum melamar di suatu perusahaan pastinya kita harus tau seluk beluk perusahaan itu, hal menarik apa yang menyebabkan Anda melamar di perusahaan tersebut dan posisi apa yang anda inginkan karena ketika kita sudah mencintai pekerjaan kita disitulah komitmen kita dan motivasi kita.. jadi intinya menurut saya kita harus mencintai pekerjaan kita dgn begitu akan muncul motivasi dan komitmen.. trima kasih

Anonim mengatakan...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

PEMINJAM DATA'S
(1) Nama Lengkap:
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

Admin Graha mengatakan...

15 Pertanyaan Interview Tersulit dan Contoh Cara Menjawabnya

http://ghibran.sharethisstory.net/id-635540-2202

Posting Komentar