0

SUKSES BERKARIER PADA ERA MOBILE OFFICE


Beberapa perusahaan telah mengizinkan karyawannya untuk bekerja di luar kantor. Perkembangan terbaru di AS, 70% perusahaan telah menerapkan mobile office (kantor bergerak) dan home office (kantor rumahan). Kemajuan ini juga telah membuka berbagai profesi baru. Bagi kaum perempuan, trend ini semakin menguntungkan karena peran sebagai pekerja dan ibu rumah tangga dapat berjalan seimbang.


Di Inggris kini lebih dari 50% perusahaan terbaik mengizinkan karyawannya untuk mengerjakan tugas mereka di luar kantor. Tentu saja para pemilik perusahaan sebelum mengambil kebijakan itu telah memastikan produktivitas karyawan tetap maksimal. Mobile office telah memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau tempat mana pun. Sudah menjadi lumrah para pegawai kini tak punya meja di kantor karena membawa laptop sendiri. Kantor-kantor pun lebih simple dan minim ruang karena arsip-arsip kini cukup disimpan secara elektronik.

Memasuki era mobile officer kita dituntut meng-update kemampuan diri dengan berbagai langkah, diantaranya :


  1. Kuasai teknologi informasi

Jangan jadi orang gaptek (gagap teknologi). Kita tak sekedar mengikuti berbagai produk terbaru tapi juga berusaha menguasai teknologi seperti internet, chatting, online dan e-pay.

  1. Kerja cerdas

Manfaatkan teknologi dengan maksimal untuk menuntaskan pekerjaan. Dulu untuk mencari berbagai data penting harus ke perpustakaan atau lembaga penelitian. Sementara saat ini cukup mengakses berbagai situs. Semua itu bisa dimanfaatkan Cuma-Cuma. Slogan kerja keras kini lebih tepat berganti dengan kerja cerdas.

  1. Ubah sikap kerja

Teknologi juga mengharuskan kita mengubah sikap kerja menjadi pekerja yang efektif dan efisien. Ganti kebiasaan yang tak egektif di kantor dengan browsing mencari data yang menunjang pekerjaan untuk menggantikan kebiasaan bergosip.

  1. Jam kerja fleksibel

Jam kerja kantor masuk pukul 09.00 pulang pukul 17.00 mulai diubah menjadi lebih fleksibel. Pekerjaan lebih berorientasi pada hasil dengan tetap sesuai tenggat waktu (deadline).

  1. Jadilah orang yang disiplin

Dengan bantuan teknoligi, berbagai problem kerja lebih cepat dapat diatasi. Waktu untuk menyelesaikan pekerjaan juga menjadi lebih singkat.

  1. Hidup lebih seimbang

Era mobile office lebih memberikan waktu kepada kita untuk lebih menyeimbangkan hidup. Artinya waktu untuk keluarga dan kehidupan pribadi lebih bisa dipenuhi. Tentu saja semua itu harus didukung para pengambil kebijakan dan pemilik peusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar