0

MENJADIKAN PEKERJAAN PERTAMA SEBAGAI KARIER


Pekerjaan pertama adalah pengalaman pertama di mana kita belajar. Kita dapat menggunakan pengalaman ini untuk melangkah ke tahap selanjtnya atau menjadikannya sebagai karier dengan langkah-langkah berikut :


  1. Kenali perusahaan dan kenali diri sendiri

Ambil waktu untuk mengenal dan memahami visi perusahaan tempat kita bekerja. Cara ini bukan hanya dapat membantu kita lebih cepat memahami pekerjaan kita, tetapi juga membantu kita mengenali minat-minat dan kekuatan-kekuatan kita secara lebih cepat. Belajar lebih banyak tentang diri sendiri membangun kepercayaan diri, membuat kita lebih inisiatif. Semakin kita mempertajam keterampilan kita, semakin besar rasa percaya diri yang kita dapatkan, semakin baik kinerja kita dan semakin besar kemungkinan untuk maju. Selalu ingat, pekerjaan pertama adalah untuk mendapatkan pengalaman professional dan membangun reputasi baik.

  1. Cermati dan ambil inisiatif

Belajar cara kerja sesuatu tanpa diminta akan membuat kita beda di perusahaan mana pun. Amati kegiatan sehari-hari atasan kita dan coba antisipasi kebutuhan-kebutuhan mereka. Apakah melaporkan status tentang sesuatu, menelepon klien, atau bahkan tahu kapan bias menawarkan secangkir kopi. Ambil inisiatif untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum disuruh.

  1. Keterampilan baru

Jika kita merasa pekerjaan kita bukan yang kita inginkan, pikirkan ketertampilan apa yang bisa kita peroleh di tempat kerja kita saat ini, yang dapat membantu kita beralih ke posisi yang lebih baik di masa depan. Buat daftar tugas atau hal-hal yang sudah kita kuasai saat ini, yang tidak bisa kita kerjakan ketika pertama kali mulai kerja. Mulai dari pekerjaan dasar seperti mem-file laporan, menggunakan software baru, atau belajar cara menghadapi berbagai tipe orang yang beda. Ini semua keterampilan yang akan membuat kita lebih bisa dipasarkan ketika saatnya melangkah maju.

  1. Aksi bicara lebih keras daripada kata-kata

Kecerdasan dan tanggung jawab sangant penting, tetapi untuk benar-benar maju dalam karier. Kita perlu melangkah melewati status quo. Langkah pertamanya adalah belajar keluar dari zona nyaman. Jika puny aide, jangan biarkan ide menetap pada tahapan ide. Ambil tindakan dan jalankan. Atasan tidak bisa membaca pikiran. Jika kita tidak bicara, hasrat kita untuk lebih terlibat dan maju akan lenyap tak berbekas.

  1. Sudahkah kita belajar segala sesuatu yang bisa kita pelajari ?

Kendati pun pegawai baru, selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari, yang akan membantu kita di masa depan. Pada saat seperti itu kita semua bertanya-tanya, seperti apa hidup kita jika kita mengerjakan sesuatu yang lain. Tetapi, bekerja 100% pada pekerjaan yang sedang kita tekuni saat ini bukan hanya membuat kita lebih dikenal, tetapi kita juga akan lebih bahagia karena mengerjakan tugas secara baik dan tentu saja mendapatkan penilaian yang lebih baik. Tahu kapan harus melangkah maju itu penting, tetapi tidak maju dalam pekerjaan karena kita bosan dan tidak mengambil inisiatif untuk mengubah situasi kita sendiri itu tidak smart. Kendati pun kita tidak senang dengan posisi kita saat ini, belajar cara menangani tanggung jawab, cara bertindak secara terhormat dan memperlakukan rekan kerja secara adil, akan membantu kita untuk maju. Selalu ingat, kita dapat mengerjakan hal-hal besar bahkan hanya dengan mengerjakan tugas yang paling kecil.

0 komentar:

Posting Komentar